12 Tanaman Obat Dan Khasiatnya Beserta Gambarnya

Berbagai manfaat dari berbagi jenis tumbuhan dapat anda temui dalam bentuk daun, akar, batang, biji, buah dan bunga. Nah berhubungan dengan semua ini maka akan saya berikan untuk anda ulasan singkat mengenai tanaman obat dan khasiatnya beserta gambarnya, yang akan saya sajikan secara terperinci.

Berbicara mengenai tanamna obat maka jika anda pintar dalam mengolah lahan tanah ataupun memanfaatkan berbagai bahan barang bekas maka dapat anda tanam sendiri di pekarangan rumah, so mungkin dengan cara ini tentunya anda akan lebih mendapat hasil yang lebih maksimal juga dapat menghemat pengeluaran uang belanja.

Karena tentu telah anda ketahui bukan bahwa khasiat dari berbagai jenis tanaman obat herbal memiliki peran luar biasa terhadap tubuh dibanding berbagai bahan obat kimia yakni sebagai pencegah, pengobatan ataupun pemberantasan penyakit dapat anda libatkan untuk memperoleh bentuk tubuh yang sehat terbebas dari berbagai hal penyakit.

Berikut Ini Manfaat Tanaman Obat Yang Baik Untuk Kesehatan

Nah di Indonesia sendiri untuk jenis tanaman obatnya memiliki berbagai bentuk macam rupa. Penasaran apa saja itu? Yups langsung aja kita simak ulasan di bawah ini mengenai tanaman obat dan khasiatntya beserta gambarnya pula, so dalam kesempatan ini jika anda tidak mengetahui seperti apa fisik tumbuhannya, maka tenang saja karena akan saya berikan untuk anda sekaligus dengan gambarnya pula.

1. Pasak bumi atau tongkat ali

Tumbuhan ini tumbuh subur di daerah Kalimantan, yang mana pasak bumi ini memiliki khasiat sebagai obat ejakulasi dini dan membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria juga sebagai menambah gairah seksual bagi pria. Untuk anda yang di daerah pulau kalimantan jangan khawatir karena tidak hanya tumbuh dipulau kalimantan saja, anda dapat menanamnya dengan membudidayakannya di pekarangan rumah ataupun di perkebunan. Atau juga dapat anda temui di berbagai toko herbal.

2. Temulawak

Tumbuhan yang satu ini bisa dibilang tumbuhan liar, yang mana pertumbuhannya sangat cepat dan bandal. Manfaatnya sendiri untuk tubuh yakni sebagai penambah nafsu makan, mengobati hepatitis B, antibakteri, anti radang juga sebagai antioksidan. Tidak hanya untuk penobatan dalam tubuh, namun ekstrak dari temulawak ini dapat anda gunakan sebagai masker wajah dalam mengatasi jerawat pada kulit.

3. Sambiloto

Berbagai kandungan dari tumbuhan yang satu ini sangat memberikan efek terapi berabgai penyembuhan penyakit seperti halnya senyawa kalium yang memberikan manfaat dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, juga selain itu dapat digunakan dalam pengobatan sakit perut, kencing manis, memperlancar air seni, menurunkan demam, serta mencegah pembentukan radang dalam tubuh. Sebagai takaran pengobatannya anda dapat menggunkaan 10 sampai 15 helai daun sambiloto, rebus dalam air mendidih, saring dan ambil airnya. Minum ramuan ini satu atau dua kali dalam sehari.

4. Keji beling

Bagian yang digunakan pada tumbuhan yang satu ini adalah daunnya. Yang mana berbagai manfaat dapat anda temui dalam pengobatan seperti disentri, obat mencret, penurun kolesterol, pencegah obat batu ginjal, mengatasi tubuh yang gatal-gatal akibt ulata atau semut hitam serta dapat mengatasi nyeri pada saat kencing. Untuk pengobatannya anda dapat menggunakan air rebusan daun keji beling sebgaai media pengobatannya.

5. Kumis kucing
Siapa yang tidak mengenal tumbuhan yang satu ini, bentuknya yang unik memungkinkan setiap orang untuk mengenalinya. Namun meski banyak yang mengetahui kumis kucing ini tidak banyak pula dari mereka yang belum mengetahui akan khasiatnya terhadap tubuh. Manfaat kumis kucing itu sendiri seperti sebagai antibakteri, mengobati encok, masuk angin, radamg ginjla, kencing manis, sembeli serta dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Lengkuas

Manfaat selanjutnya yang dapat anda temui dari berbagai macam tumbuhan adalah lengkuas. Yang mana lengkuas ini tidak hanya dapat anda gunakan sebagai media dalam menambah cita rasa masakan. Berabgai jenis macam penyakitpun dapat diatasi dengan rempah2 yang satu ini. Seperti dalam mengobati limfa, tumor, diare, rematik radang serta penyakit kulit seperti panu. Untuk pengobatannya sendiri dalam mengobati panu anda dapat menggosokannya langsung pada daerah kulit yang bermasalah.

7. Daun jarak

Berbagai manfaat dari daun jarak dapat anda temukan, namun selain daunnya juga biji jarak ini dapat anda manfaatkan pula. Manfaat dari daun jarak untuk pengobatan berbagai penyakit ini sendiri adalah dapat menyembuhkan berabagi masalah pada kulit akibat jamur seperti korengan, panu dan lainnya. Sedangkan dalam pengobatan dalamnya dapat gunakan sebagai penyakit sembelit, pencahar ringan, rematik, mengatasi perut kembung pada anak serta dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak pada kulit yang luka akibat terpukul. Nah sedangkan untuk minyak jaraknya sendiri memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai masalah kulit.

8. Daun dewa

Masih seputar dunia dedaunan yakni daun dewa. Daun dewa ini memiliki banyak manfaat yang dapat anda gunakan sebagai penolong dalam berbagai penyakit seperti halnya sebagai obat analgesik (meredakan berbagai nyeri), menurunkan tekanan darah tinggi, megobati luka yang memar, anti radang, penurun panas, pembersih racun dalam tubuh, serta melancarkan sirkulasi darah dengan baik. Daun ini dapat anda tanam sendiri di pekarangan rumah atau di perkebunan.

9. Daun cincau

Siapa yang tidak mengenal cincau, namun meskipun iya sudah tidak asing lagi banyak dari mereka yang tidak mengetahui akan asal muasal dari cincau itu sendiri. Untyuk bahan utamanya sebut saja daun cincau. Selain enak dikonsumsi daun ini memiliki banyak sekali manfaat dalam berbagai pengobatan penyakit. Seperti mengobati tumor ganas, vertigo, anti radang, maag kronis, penurun kolesterol, mengobati sakit perut, serta menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

10. Belimbing wuluh

Nah beralih pada buah, yakni buah belimbing wuluh yang ternyata tidak hanya nikmat untuk dikonmsumsi sama hal nya dengan tumbuhan diatas yakni dapat anda gunakan sebagai bahan dalam pengobatan berbagai macam penyakit. Seperti obat sariawan, sakit gigi, pegal linu, obat gondongan, menyembuhkan gusi berdarah serta dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit seperti panu dan koreng.

11. Lidah buaya

Tidak banyak orang yang tidak mengetahui akan lidah buaya, kandungan yang terkandung di dalamnya terkenal baik untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut, namun yang perlu anda ketahui bahwa tidak hanya memberikan nutrisi baik teradap pertumbuhan rambut saja, ebrabagi masalah penyakit seperti pusing, sakit kepala, radang tenggorokan, wasir, kencing manis, kejang pada anak ambien, radang tenggorokan, dam juga dapat mengatasi nyeri pada haid. Sebagai alternatif pengobatannya dapat anda buat berupa jus ataupun jika anda kurang menyukainya dapat anda temukan berbagai jenis bahan makanan yang berbahan baku lidah buaya di berabagi toko ataupun supermarket.

12. Beluntas

Manfaat selanjutnya yang dapat anda temui dari tumbuhan obat ini adalah beluntas. Beluntas ini merupakan jenis tumbuhan yang bisa dibilang liar. Khasiatnya sendiri untuk mengobati penyalit adalah dapat melancarkan sistem pencernaan, mengobati sakit pinggang, nyeri tulang, keputihan, serta meningkatkan nafsu makan.

Nah itulah ulasan singkat mengenai tanaman obat dan khasiatnya serta gambarnya yang dapat saya sajikan, namun tidak hanya sampai disitu saja masih banyak jenis dari tanaman obat lain yang dapat anda temui sebagai obat dalam berbagai macam penyakit. So mungkin telah anda ketahui bukan bahwa bahan alami lebih baik dari pada bahan kimia. Terlebij jika anda sudi untuk menanamnya sendiri, tentu akan sangat memudahkan bukan?

Terimakasih

0 Response to "12 Tanaman Obat Dan Khasiatnya Beserta Gambarnya"

Posting Komentar