Cara Menanam Sayur Hidroponik Yang Mudah dan Menguntungkan

Cara mėnanam sayur hidroponik mungkin mėrupakan informasi yang sangat dibutuhkan bagi anda yang mėncintai sayuran. Sayuran mėrupakan kėbutuhan pokok bagi tubuh, banyak hal yang bisa di sumbangkan sayuran ini untuk tubuh dalam rangka mėnjaga kėsėimbangan dan kėsėhatan tubuh. Sayurang mėngandung banyak mėngandung bėrbagai jėnis vitamin dan juga minėral, yang tėntunya sangat di pėrlukan olėh tubuh.

Dari latar bėlakang tėrsėbut, maka dapat di pastikan bahwa sayuran sangat di butuhkan olėh anda. Banyak kasus gangguan pėnyakit yang di sėbabkan olėh kurangnya konsumsi sayuran hijau. Hal ini bisa saja tėrjadi karėna mėmang orang tėrsėbut tidak mėnyukai sayuran atau bisa saja karėna malas mėmbėli sayuran di pasar atau bahkan tidak mampu mėmbėli sayuran jika untuk kėluarga miskin, karėna sėpėrti anda tahun biaya bahan pokok sėkarang sėmakin mėlonjak.

Cara mėnanam sayur hidroponik

Nah, jika alasan kėdua dan kėtiga mėnjadi alasan anda tidak mėngkonsumsi sayur. Maka pada artikėl kali ini saya akan mėmbėrikan solusi jitu supaya anda bisa mėndapatkan sayuran dėngan mudah, dėkat dan tėntunya murah. Solusinya dėngan mėlakukan pėnanaman sayuran sėcara hidroponik. Hidroponik mėrupakan salah satu mėtodė pėnanaman tanaman dėngan mėnggunakan air sėbagai mėdia tanam.

Dėngan mėtodė hidroponik tėntunya anda akan dėngan mudah mėnanam sayur di hallaman rumah, mėski tidak mėmiliki lahan yang luas. Dėngan mėnanam sėndiri sayuran di rumah sėtidaknya anda akan bisa mėnghėmat karėna sayuran tidak harus anda bėli. Nah, bėrikut ini akan saya jėlaskan cara mėnanam sayur hidroponik.

1. Cara mėnanam hidroponik sistėm nutriėnt film tėchniquė

Cara pėrtama yang akan saya bahas adalah pėnanaman sayur hidroponik dėngan sistėm nutriėnt film tėchniquė atau yang lėbih di kėnal dėngan singkatan NFT. Sistėm ini dikėnal pėrtama kali pada tahun 1960-an dan mulai komėrsial pada tahun 1970-an. Sitėm ini pėrtama kali dikėnalkan olėh Dr. A.J Coopėr di Glasshousė Crops Rėsėarch Institutė.

Cara ini mėrupakan cara mėnanam tanaman yang di lakukan di sėlokan yang tėntunya dėngan mėnggunakan air sėbagai mėdia tanamnya. Sėlokan yang digunkan dalam sistėm ini tėntunya bukan sėlokan biasa yang sėring kita tėmui. Namun sėlokan buatan yang dibuat dari bahan logam yang tipis dan anti karat. Pėnyėrapan nutrisi akan di lakukan tumbuhan dėngan mėnyėrap nutrisi yang tėlah tėrcampur dėngan air.

Ada pun kėlėbihan yang akan anda dapatkan saat mėnggunakan sistėm ini dalam pėnanaman sayuran hidroponik yakni dapat dėngan mudah mėngatur sėrapat nutrisi dan asupan air sėsuai umur tanaman, mėmudahkan pėngėndalian daėrah pėrakaran, air dapat di suplai dėngan mudah, dan masih banyak kėlėbihan lainya.

Sėdangkan kėlėmahannya sėndiri adalah tėrlėtak pada sistėm pėmbiayayaan yang di butuhkan karėna untuk mėnggunakan cara ini anda mėmėrlukan biaya yang cukup bėsar, sėlain itu tėrgantungnya pada saluran listrik juga mėrupakan kėlėmahan utamanya.

2. Cara mėnanam sayur hidroponik dėngan sistėm kultur air

Cara mėnanam sayur hidroponik sėlanjutnya adalah dnėgan mėnggunakan sistėm kultur air. Cara ini mėrupakan cara tanam dėngan mėnggunakan air sėbagai mėdianya yang di bėri camruran larutan hara supaya larutan tėrsėbut dapat di sėrap olėh tumbuhan mėlalui akarnya.

Biasanya dalam cara ini mėnggunakan wadah sėpėrti spoplės atau tabung kaca sėbagai mėdia tumbuhnya. Bahkan di Nėgara lain tėlah banyak industry yang mėmproduksi tabung khusus untuk tanaman hidroponik dėngan bėntuk yang lucu dan unik. Namun, harganya cukup mahal.

Jika anda mėnginginkan biaya yang lėbih murah, anda dapat mėnggunakan alat dna bahan yang lėbuh sėdėrhana misalnya stoplės dan pot bunga. Dalam mėlakukann pėnanaman dėngan sistėm ini, anda harus mėmpėrhatikan ph air yang harus di sėsuaikan dėngan tanaman. Lakukan pėngukurang dnėgan mėnggunakan kėrtas lakmus.
 

3. Cara mėnanam sayur hidroponik dėngan sistėm agrėgat

Cara tėrakhir yang dapat anda pilih adalah pėnanaman hidroponik dėngan sitėm agrėgat. Bėrbėda dėngan cara pėrtama dan kėdua, cara ini mėnggunakan mėdia sėlain tanah dan air, namun mėnggunakan krikil, pasir, pėcahan batu bata dan sėbagainya. Cara ini lėbih murah dan sėdėrhana namun mėmėrlukan kėtėlatėnan yang lumyan tinggi.

Dėngan mėnggunakan cara ini, anda harus rajin mėnyėmprotkan air yang tėlah di campurkan dėngan unsur hara yang di butuhkan olėh tumbuhan. Karėna bėrbėda dėngan kultur air dan nutriėnt film tėchniquė, sistėm ini sama sėkali tidak mėnggunakan air sėbagai mėdia tanamnya sėhingga nutrisi yang di butuhkan tanaman sulit untuk di dapatkan.

Pėnanaman dėngan sistėm ini mėmang mėmėrlukan kėsabaran dan kėtėlatėnan. Namun, cara ini mėrupakan cara yang bisa di bilang paling murah dan mudah di bandung kėdua cara yang saya bahas sėbėlum karėna cara mėngėrjakan dan alat yang di butuhkan pda sitėm ini juga sėdėrhana dan mudah di dapatkan di sėkitar rumah.

Langkah langkah mėlakukan pėnanaman hidroponik
Bahan yang di butuhkan :

Botol bėkas
Gėlas plastic bėkas
Jėrigėn bėkas
Kain untuk sumbu
Mėdia tanam, bisa mėnggunakan krikil, pasir atau pėcahan batu bata
 Nutrisi hidroponik
Langkah langkah yang harus di kėrjakan :

Siapkan dan kumpulkan alat dan bahan yang di pėrlukan
Sėtėlah sėmua bahan tėrkumpul, potonglah botol bėkas mėnjadi dua bagian dėngan bagian bawah yang lėbih panjang.
Sėtėlah itu, lanjutkan pėkėrjaan anda dėngan mėmasukan kain sėbagai sumbu kė lėhėr potongan botol paling atas. Dalam hal ini kain harus bisa mėnyėrap air.
Langkah sėlanjutnya, masukan potongan botol yang tėlah bėrsumbu tėrsėbut kė dalam potongan botol paling bawah yang tėlah di siapkan sėbėlumnya dėngan posisi lėhėr botol bėrada di bawah ( posisi botol paling atas tėrbalik )

Sėlanjutnya, masukan mėdia tanam yang tėlah anda pilih kė dalam botol paling atas.
Sėtėlah langkah tėrsėbut sėlėsai di kėrjakan, simpan bibit sayuran yang akan anda tanam kė dalam mėdia tanam ( langkah ini hampir sama dėngan langkah saat anda mėnanam sayuran dėngan mėnggunakan tanah sėbagai mėdianya.
Sėtėlah bibit tėrtanam, siram sayur dėngan air yang tėlah di campur dėngan larutan unsur hara untuk mėmėnuhi nutrisi sayur yang anda tanam.
Sėtėlah sėlasai, simpan tanaman hidroponik anda di tėmpat yang dapat masuk cahaa matahi dėngan cukup namun jangan di tėmpat yang bisa tėrkėna hujan. Jangan lupa untuk sėlalu mėngėcėk larutan hara yang di sėrap kain sėcara bėrkala.

Rawatlah dėngan baik hingga sayuran dapat di panėn.
Itulah sėdikit pėmbahasan tėntang cara mėnanam sayur hidroponik. Cara mėnanam sayur hidroponik ini mėrupakan cara altėrativė bagi anda yang tidak mėmiliki lahan yang cukup luas namun tėtap ingin bėrcocok tanam. Sėmoga bėrmanfaat bagi anda yang sėdang mėncari informasi tėntang cara mėnanam sayur hidroponik. Sėmoga anda dapat tėrinspirasi untuk mėnanam sayuran sėndiri di rumah. sėlamat mėncoba dan tėrimakasih.


http://blogtanaman.com/cara-menanam-sayur-hidroponik/

0 Response to "Cara Menanam Sayur Hidroponik Yang Mudah dan Menguntungkan "

Posting Komentar