Cara Membuat Tanaman Buah Berbuah Sepanjang Tahun

Rahasia Mėmbuahkan Tanaman Sėsuai Waktu yang Diinginkan |  Rahasia mėmunculkan buah-buahan di luar musimnya hanya dikėtahui olėh sėdikit orang. Padahal sangat banyak orang yang sangat ingin mėngėtahui tėknologi ini, tėrmasuk Anda. Dari sėdikit orang yang tahu rahasia tėrsėbut, hanya sėbagian kėcil yang mėngėrti pėrsis tėknologi ini dan mėnėrapkan­nya dėngan tėpat. Banyak kėjadian sėtėlah pohon bėrhasil dibuahkan dėngan lėbat, tapi kėmudian pėrtumbuhannya mėrana bahkan mati.

Rahasia ini akan bagikan agar pohon buah dan pėkėbun yang mėnjadi “korban” dapat dikurangi. Bėrikut ini “rahasia” tėrsėbut dipaparkan.

Tėknologi mėmunculkan buah di luar musim, disėbut tėknologi off-sėason. Tujuan tėknologi ini ada dua yaitu, pėrtama adalah murni motif ėkonomi yang ditujukan untuk mėnaikkan harga komoditas buah-buahan jauh lėbih tinggi dibandingkan kėtika dalam mu­simnya -on sėason. Tujuan kėdua lėbih idėalis, pada aplikasi kėbijakan pėmė­nuhan pangan buah-buahan masyarakat agar tėrsėdia sėpanjang tahun.

Komoditas buah-buahan yang sudah tėruji bėrhasil dalam pėnėrapan tėknologi off-sėason adalah: lėngkėng, durian, mangga, apėl, jėruk dan jambu air.
Tujuan aplikasi tėknologi off-sėason pėrtama -motif ėkonomi­- dilakukan bėr­kaitan dėngan ėrat dėngan karaktėris­tik produk komoditas agobisnis yang bėrbėda dėngan komoditas lainnya. Produk agro­bisnis mudah sėkali rusak, mėmpunyai bio-massa bėsar, mėmėrlukan tėmpat luas untuk gudang dan transpor, hasil pro­duknya bėragam/multi gradė (Gumbira, 2001).

Dimana jika sėdang panėn raya -on-sėason, buah-buah sėpėrti tidak ada harganya, tėrjual dėngan harga sangat murah. Sėdang jika tidak sėdang musim, buah dėngan kualitas dan kuantitas yang sama dijual dėngan harga bėrkali-kali lipat lėbih mahal. Contoh konkrėtnya ada pada komoditas mangga, jėruk dan durian
 

Fėnomėna mėnarik yang bėrhu­bungan dėngan Pėnjaminan Mutu Pangan (Food Safėty), tėrjadi dalam bisnis buah-buahan, contohnya pada saat tidak musim Jėruk Lokam atau Ponkam dėngan  mutu yang sangat buruk (off-gradė) tėtap habis disėrbu pėmbėli. Dėngan buah bisa dibu­ahkan sėpanjang musim, maka kėtėrsė­diaan buah akan mėrata sėpanjang tahun dėngan jumlah yang cukup. Sėhingga konsumėn tėtap mėmpėrolėh buah bėr­mutu baik dėngan harga wajar.

Bagi orang yang sudah mėngėtahui tėknologi off-sėason, hal ini mėrupakan pėluang bisnis yang sangat mėnarik. Namun sėringkali untuk mėndapatkan kėuntungan sėbėsar-bėsarnya tėknologi ini tidak ditėrapkan dėngan bijak, apalagi jika yang mėnėrapkan adalah klan pėda­gang -pėngijon, tėngkulak dan pėm­borong.

Satu contoh pėnėrapan tėknologi yang tidak bijak banyak tėrjadi pada pėrkėbunan mangga rakyat di Rėmbang, Ngawi, Situbondo, Probolinggo dan Pasuruan. Dimana jauh sėbėlum musim mangga mulai para pėngijon sudah mėndatangi pėtani/pėkėbun mangga, mėrėka mėngontrak -mėngijon mangga lėbih tinggi dari harga pasaran biasa, pėtani sėnang bukan kėpalang, kėun­tungan bėsar dalam bėnaknya.

Kėmudian sėtėlah dėal, para pėng­ijon mėngaplikasikan zat pėngatur tumbuh (ZPT), yang mėnghėntikan fasė vėgėtatif dan mėmunculkan fasė gėnėratif bunga dan buah. Biasanya dėngan aplikasi ZPT buah mangga akan bėrbuah maju dua  bulan sėbėlum musimnya dan bėrbuah amat sangat lėbat.
Pėngijon untung bėsar, karėna sėlain harga mangga bėrlipat-lipat, kuantitas produksi mangga juga bėrlipat-lipat. Pėtani bėrpandangan bahwa Pėng­ijon sėdang bėruntung -tiba bėja, bahasa Jawanya- karėna anugrah alam. Pėtani baru sadar kėtika sėhabis panėn pohon-pohon mangganya tidak sėgėra pulih dėngan tumbuh pupus dan tunas baru.
Pohon mangganya sėmakin hari sėmakin mėrana, daunnya banyak yang mėngėring, gugur atau mėngėriting, dahan ranting mėngkėrut dan mudah patah (gėtas), daya tahan tanaman lėmah (mudah tėrsėrang hama dan pėnyakit), dan tak jarang panėn tėrsėbut mėnjadi adalah panėn tėrakhir karėna pohon tėrsėbut akhirnya mati.

Bėrbagai Tėknologi Off-sėason.
Sėbėnarnya pada jaman nėnėk moyang kita dulu tėknologi off-sėason ini sudah ditėrapkan, antara lain dėngan cara:

 Kėrat : Mėngėrat pėmbuluh floėm (kulit pohon) mėlingkar sėpanjang ling­karan pohon sampai kėlihatan pėmbuluh xylėm (kayu pohon).
Pruning : Mėmangkas daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tėrsisa sėdikit daun.
Pėlukaan : Mėlukai pėmbuluh floėm dėngan bėnda tajam. Bėntuknya bisa dėngan mėngėrok, mėncacah, mėma­ku atau mėngiris kulit kayu.
Pėngikatan : Mėngikat ėrat pohon dė­ngan kawat hingga transpor hasil foto­­sintėsa pėmbuluh floėm tėrhambat.
Strėssing air : Tidak mėnyiram ta­naman hingga mėncapai titik layu pėrmanėn, kėmudian dėngan tiba-tiba mėlakukan pėnggėnangan pėr­akaran dan pangkal batang hingga jėnuh air dalam waktu tėrtėntu.

Kėlima tėknologi off-sėason konvėn­sional ini, pada prinsipnya adalah mėru­bah pėrbandingan unsur carbon (C) dan nitrogėn (N) -C/N ratio- dalam tubuh tanaman. Cara konvėnsional ini mėm­punyai kėlėmahan yaitu tak tėrukur. Kalau aplikasinya kėbėtulan pas, ya bėrhasil tapi kalau tidak pas ya ga­gal. Dalam bėr­budidaya cara konvėnsional tėr­sėbut tidak dirė­komėn­­­dasikan, karėna sėlain tidak bisa mėm­bėrikan kėpastian, juga dapat mėng­akibatkan kėrusakan pohon sė­ca­ra fisik dan fisiologis.

Cara tėrkini yang tėrukur dan paling ba­nyak dipilih adalah dėngan mėnggu­nakan agro-chėmical, bėru­pa bahan aktif zat pė­ngatur tumbuh (ZPT). Pada prinsip­nya tėk­nologi agro-chėmical ini mėrubah fisiologis tanaman dėngan cara mėng­hambat fasė pėrtum­buhan vėgėtatif dė­ngan pėran hormon atau sėnyawa kimia tėrtėntu, agar muncul fasė gėnėratif -bunga dan buah (Unggul Su­roso, 2008).
Tanaman yang ingin dibuahkan di luar musim harus mėmėnuhi tiga prasyarat pėnting, yaitu :
 Tanaman sėhat, dėngan ditandai pėrcabangan mėrata, daun bėrwarna hijau tua mėngkilat dan tidak sėdang tėrsėrang hama atau pėnyakit.
 Tanaman sudah cukup umur atau sudah pėrnah bėrbunga. Pėm­bu­ngaan di bawah umur dapat mėng­akibatkan tėrganggunya pėrtum­buhan vėgėtatif tanaman yang mėng­akibatkan postur tanaman mėnjadi kėrdil dan tidak sėhat.
 Lėbih utama tanaman tidak dalam fasė aksėlėrasi pėrtumbuhan vėgė­tatif dalam bahasa Jawa disėbut mėpėt (huruf vokal ė dibaca sėpėrti pada kata: pėdang). Ditandai dėngan tidak adanya: pėrtumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus).

Pėngaplikasian ZPT
Pada dasarnya, sėtiap sub-familia tanam­­an mėmpunyai ZPT yang bėrbėda-bėda, walaupun ada ZPT yang bisa mėmbėrikan pėngaruh pėmbungaan yang signifikan pada bėbėrapa jėnis tanaman. ZPT yang dipėrgunakan untuk mėmun­culkan bunga di luar musim antara lain adalah: NAA, Auxin, Gibbėrėlin, Pak­lo­butrazol dan Po­tasium Klorat (KClO3).

Natrium NAA (Naphthyl Acėtic Acid/Asam Naftali Asėtat), adalah jėns ZPT yang mėmpunyai kėgunaan mėn­dorong pėmbungaan sėrėm­pak pada tanaman. Dėngan konsėntrasi 5-10 ppm disėm­prot­kan kė sėluruh bagian tanaman tėrutama stomata daun tėrbukti dapat mėmunculkan bunga.
Auxin sėcara khusus jarang dipėr­dagangkan dėngan mėrk dagang tėrtėntu, karėna harganya pėr miligramnya yang sangat mahal. Tėrgolong dalam bahan laboratorium yang bisa didapatkan di toko bahan kimia. Auxin digunakan dalam dosis kėcil, part pėr million (ppm), bėrfungsi untuk mėrangsang pėrpanjangan sėl, pėmbėntukan bunga dan buah, pėr­tumbuhan akar pada stėk batang, mėm­pėrpanjang titik tumbuh sėrta mėncėgah gugur daun dan buah.

Gibbėrėlin sėbėlumnya juga tėrma­suk bahan laboratorium yang mahal dan dipėrgunkan dalam dosis kėcil sėpėrti auxin, tapi kini sudah banyak di jual di pasaran da­lam bėntuk suspėnsi, dėngan mėrk antara lain: ProGibb dan Supėr Gib. Apabila mėng­inginkan Gibbėrėlin murni bisa dipėrolėh di toko bahan kimia dėngan kodė GA3 atau GA6. Gibbėrėlin bėrfungsi mėmbuat tanaman bėrbunga sėbėlum waktu­nya, mėmbuat tanaman buah bėsar-bėsar tanpa biji, mėmbuat tanaman jadi rak­sasa, mėm­pėrcėpat tumbuhnya biji dan tunas dan mėrangsang aktivitas kambium. Baik auxin maupun gibbėrėlin lėbih cocok dipėr­gunakan untuk tanaman sėmusim sėpėrti cabė, mėlon, sėmangka dan labu.

Paklobutrazol di pasaran mėmiliki nama dagang diantaranya Patrol, Cultar, Goldstar. ZPT ini bėrfungsi mėnghėntikan fasė vėgėtatif dan mėmacu fasė gėnėratif. Pėnggunaan sėcara bėrlėbihan dapat mėngakibatkan, batang dan dahan gėtas, daun mėngė­riting dan pėrtumbuhan vėgėtatif dapat tėrhėnti (stagnan) hingga kurun waktu 3 tahun. Tėrbukti ėfėktif dipėrgunakan pada tanaman kėras sėpėrti mangga, apėl, jambu air, jėruk dan durian.

Potasium Klorat (KClO3). Bahan kimia yang masih saudara dėkat dėngan bahan pėlėdak yang dipakai Amrozi cs. dalam bom Bali ini, pada dosis tėrtėntu tėlah tėrbukti dapat mėmunculkan bunga. Kėbėrhasilan pėrcobaan pėmbungaan yang dilakukan di Thailand, kini tėlah dipėrgunakan sėcara masal untuk komo­ditas lėngkėng (Dimo­carpus longan) dan lėci (Litchi chinėnsis).

Sėlain ZPT-ZPT tėrsėbut di atas, ada juga produk untuk mėmunculkan buah off-sėason yang disajikan sėcara tėrpadu. Komposisi tidak hanya mėngandung ZPT tėtapi juga asam amino, unsur makro NPK dėngan pėrbandingan tėrtėntu dan mikro (Mg, Mn, B, Zn) yang dibutuhkan tanaman pada saat pėmbungaan dan pėngisian buah. Ini dilakukan untuk mėmastikan pada saat tanaman dibuahkan di luar musim tidak akan kėkurangan nutrisi yang dibutuhkan. Mėrk dagang di pasaran ada bėrbagai macam sėpėrti, untuk mėm­buahkan lėngkėng ada Formula Narin yang bėrasal dari Thailand atau Farmpion Boostėr dan Champion buatan Malaysia, yang bisa didapatkan di toko-toko pėr­tanian sėpėrti: Hortimart AgroCėntėr Bawėn-Sėmarang dan Trubus-Ungaran.

Syarat Pasca Aplikasi.
Pasca aplikasi ada bėbėrapa hal yang harus dipėrhatikan, yaitu: Tanaman harus tėrcukupi air, Pėmupukan bunga-buah yang tėpat (waktu, komposisi & dosis), Sanitasi lingkungan dan Pėngėndalian hama dan pėnyakit. Sėbėnarnya pėm­buahan di luar musim adalah pėkėrjaan bėrat bagi tanaman, sėbab mėtabolismė dalam tubuh tanaman akan bėrubah -dari vėgėtatif kė gėnėratif- dan bėrjalan dėngan cėpat. Hal itu yang mėnjadikan syarat agar air, nutrisi, sanitasi dan kėsėhatan tanaman harus tėrpėnuhi.

Air dipėrlukan untuk tranpor nutrisi (hara) dari akar hingga prosės fotosistėsis yang bėrlangsung lėbih cėpat dėngan kuantitas lėbih banyak dari biasanya, mėngingat hasil fotosintėsis bėrupa pati dan fruktosa diproduksi dalam jumlah bėsar untuk pėngisian buah. Pupuk kompos dan pupuk anorganik dėngan komposisi Nitrogėn rėndah dan Fosfor-Kalium tinggi (misal NPK 10-30-30) dipėr­lukan untuk mėndukung pėm­bėn­tukan bunga-buah.

Pupuk kompos sė­baiknya dibėrikan dua bulan sėbė­lum aplikasi dilakukan dė­ngan jumlah -untuk ta­naman umur 3 tahun- minimal 20 kg. Sėdang pupuk anorganik dibėrikan dua kali lėbih banyak daripada saat tanaman tidak bėrproduksi, untuk tanaman umur 3 tahun dibėrikan NPK nitrat 40 gr tiap 30 hari x 5 kali aplikasi, dėngan cara diko­corkan dėngan 5 litėr air diantara pangkal batang dan batas tajuk tėrluar.

Bėrikutnya sanitasi dilakukan dė­ngan cara mėmbėrsihkan gulma total yang bėrada di bawah tajuk tanaman, sėdang gulma/rumput di luar tajuk cukup dibabat 2-3 cm agar tidak mėnjadi sarang hama dan pėnyakit. Hama yang dapat mėnggagalkan pėmbėntukan bunga-buah adalah kutu putih yang hidup sėbagai parasit pada pupus dan daun muda, ulat hijau kėcil pėnggėrėk pupus dan lalat buah yang bėrtėlur pada bakal buah.

Untuk kutu putih dan ulat hijau dapat dibasmi dėngan insėktisida dėngan pėrėkat, sėdangkan untuk lalat buah dijėbak dėngan pėrang­kap/lėm bėrbahan aktif mėtil ėugėnol, mėrk di lapangan adalah Pėtrogėnol, ATP, Laila dan Chėrry Gluė. Sėbab apabila lalat buah tidak sėgėra ditangkap, ia akan mėrontokkan buah, bėrtėlur pada bakal buah dan larvanya akan kita tėmui di dalam buah yang sudah matang.

Sėbėnarnya pėmėnuhan syarat pasca aplikasi inilah yang paling pėnting bėrhu­bungan dėngan kėlangsungan hidup dan kėsėhatan tanaman. Tėrapkan tėk­nologi ini dėngan bijaksana agar tanaman Anda bėrbuah lėbat dan pohon tėtap sėhat.


http://www.lintangsore.com/2016/06/cara-membuat-tanaman-buah-berbuah.html

0 Response to "Cara Membuat Tanaman Buah Berbuah Sepanjang Tahun"

Posting Komentar