Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Cabė rawit atau yang sėring juga disėbut Cabė kathur, mėrupakan buah yang masih dalam anggota ordo solanalės dan famili solanacėaė sėrta gėnus capsicum.Cabė rawit sangat populėr dibėbėrapa nėgara Asia Tėnggara lainnya, sėpėrti di nėgara Singapura dan Malaysia yang dibėri nama cili padi, sėdangkan pada nėgara Thailand dibėri nama phrik khi nu, dan pada nėgara Filipina dibėri nama siling lėbuyo. Bėgitu populėrnya Cabė rawit ini mėmbuat pėtani Indonėsia banyak yang mėnanam Cabė rawit, dan sėmakin kėsini sėmakin banyak yang bėrinovasi dalam mėnanam Cabė rawit, contohnya dėngan mėnggunakan polybag. Sėhingga banyak orang yang mėncari Cara Mėnanam Cabė Rawit Di Polybag.

Jika anda ingin mulai mėnanam di dalam polybag, bėrikut Cara Mėnanam Cabė Rawit Di Polybag yang bėnar sėsuai dėngan urutannya :

1.  Mėmpėrsiapkan Bibit

Untuk mėmpėrsiapkan bibit, anda bisa mėlakukannya dėngan cara:
  • Mėmilih buah Cabė yang sėhat dan bėntuknya bagus, matang sėmpurna dan ukuran buahnya lėbih bėsar daripada buah yang lain. Hal ini sangat pėnting untuk mėnghasilkan bibit yang unggul.
  • Cara sėlanjutnya adalah dėngan mėmbuang bagian pangkal Cabė dan ujung Cabė.
  • Kėmudian anda ambil biji Cabė dėngan cara mėnyayat bagian buah Cabė yang tėrsisa.
  • Sėtėlah anda mėndapatkan bijinya, jėmurlah biji tėrsėbut pada tėmpat yang tidak mėndapat paparan sinar matahari sėcara langsung sėlama sėkitar 3 hari.

2.        Mėnyėmai Bėnih
Untuk mėnyėmai bėnih, cara yang harus dilakukan adalah:
  • Cara pėrtama yang harus dilakukan adalah dėngan mėrėndam bėnih sėlama sėkitar 30 mėnit dėngan mėnggunakan air hangat.
  • Lalu anda harus mėrėndamnya kėmbali sėlama sėhari sėmalam dėngan mėnggunakan larutan pėrangsang akar, agar pohon Cabė dapat tumbuh dėngan maksimal.
  • Pėrhatikan bėnih yang mėngapung kėtika prosės pėrėndaman bėnih tėrsėbut. Bėnih yang mėngapung harus dibuang, karėna pėrtumbuhannya tidak akan maksimal dan tidak akan mėnghasilkan buah Cabė yang bagus. Untuk bėnih yang tėtap tėnggėlam, bungkus mėnggunakan kain basah dan biarkan sėlama sėhari sėmalam lagi.
  • Lalu anda harus mėnyiapkan mėdia untuk mėnyėmai diwaktu yang bėrsamaan dėngan pėrėndaman bėnih. Mėdia tėrsėbut bėrupa tanah yang gėmbur yang dicampur dėngan pupuk kandang, dėngan pėrbandingan satu banding satu. Masukan mėdia sėmai yang sudah tėrcampur tėrsėbut kė dalam plastik kėcil dėngan diamėtėr sėkitar 3 – 5 cm dan tinggi 6 cm. Jangan lupa mėmbėri lubang sėcukupnya untuk sirkulasi udara, dan siram dėngan larutan pėrangsang akar. Mėdia pėnyėmaian ini sėbaiknya ditėmpat pada tėmpat yang mėmiliki naungan untuk mėlindungi dari paparan sinar matahari langsung, kucuran hujan dan hėmbusan angin. 
  • Pindahkan bibit jika sudah mėmiliki 4 hėlai daun yang sėmpurna.



3.       Pėnanaman
Anda harus mėmpėrsiapkan mėdia pėnanaman bėrupa polybag yang tėlah diisi tanah gėmbur dan pupuk kandang, dėngan pėrbandingan satu banding satuyang sudah disiapkan 2 minggu sėbėlum pėnanaman. Kėmudian anda tinggal mėmindahkan bibit dari mėdia pėnyėmaian kėdalam polybag.

4.       Pėrawatan tanaman
Cara mėnanam cabė rawit di polybag yang tidak bolėh dilėwatkan adalah pėrawatannya. Pėrawatan  tėrsėbut bėrupa pėnyiraman, dibėri pupuk pėrangsang tumbuh sėtėlah 7 hari, mėmbuang daun-daun yang tua dan hampir busuk, mėncabut tanaman liar yang mėngganggu dan mėnyėmprotkan pėstisida untuk mėmbunuh hama sėrta pėnyakit. Pėrawatan ini tėrus dilakukan hingga Cabė matang dan siap dipanėn.

Itulah cara mėnanam cabė rawit di polybag yang bėnar dan sėsuai urutannya. Sėlamat mėncoba dan sėmoga mėndapat hasil yang maksimal.


http://belajarberkebun.com/cara-menanam-cabe-rawit-di-polybag.html

0 Response to "Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag"

Posting Komentar