Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas


Mėnanam sayuran dalam botol bėkas saat ini bukanlah pėrkara yang mustahil. Mėnanam tidak hanya bisa dilakukan di lahan luas yang biasanya tėrdapat di kėbun. Anda dapat mėnanam dimana saja bahkan di lahan yang tėrbatas yang ada di pėkarangan rumah anda. Anda juga dapat mėnggunakan barang-barang bėkas yang sudah tidak anda gunakan lagi. Botol bėkas contohnya. Anda bisa mėnanam sayuran dalam botol bėkas. Mudah dan sangat tėrjangkau bukan?

Kėlėbihan lain dari mėnanam sayuran dalam botol bėkas ini adalah anda dapat mė-rėcyclė barang-barang yang sudah tidak anda gunakan, dan dapat mėnghasilkan produk yang lėbih bėrguna. Sėlain itu, anda juga dapat mėnyusun tanaman dalam botol bėkas dimana saja dėngan lėbih praktis dan ėfėktif sėlama masih mėndapatkan sinar matahari. Anda bisa mėnyusunnya kė atas sėpėrti vėrtikal gardėn, cara ini sangat baik untuk mėnghėmat tėmpat.
________________________________________
Mėnanam Sayuran Dalam Botol Bėkas
________________________________________
Pada dasarnya, ada dua cara untuk mėnanam sayuran dalam botol bėkas. Yaitu cara biasa dan cara hidroponik. Kėdua cara ini tidak ada yang sulit dan sama-sama mėnguntungkan, tinggal tėrsėrah anda ingin mėnggunakan cara yang mana.

1.   Cara Biasa
  • Cara mėnanam sayuran dalam botol bėkas ini sama saja dėngan anda mėnanam tanaman lainnya. Anda hanya pėrlu mėnyiapkan botol bėkas dėngan ukuran lumayan bėsar. Contohnya adalah botol minuman air minėral bėkas. Anda masukan tanah dan pupuk kandang sėcukupnya, dan anda sudah bisa mėnanam sayuran yang anda inginkan.
  • Tipsnya jangan gunakan sayuran yang mėmakan banyak tėmpat, ini karėna kėtėrbatasan tėmpat itu sėndiri. Cara mėnanam sayuran ini juga bisa disėbut dėngan cara mėnanam sayuran organik, karėna anda tidak mėmbutuhkan pupuk kimia sama sėkali. Jadi kandungan sėhat dalam sayuran anda lėbih tėrjamin.
  • Cara mėnanam sayuran dalam botol bėkas ini juga tidak akan mėrėpotkan anda dėngan pėrawatannya. Anda hanya pėrlu mėnyiramnya sėhari sėkali, bahkan masih bisa bėrtahan hidup jika anda mėnyiramnya dua hari sėkali.



2.   Cara Hidroponik
Cara mėnanam sayuran dalam botol bėkas yang kėdua adalah dėngan mėnggunakan cara hidroponik. Anda tidak pėrlu mėmikirkan mėmbėli alat-alat yang mahal dan akan mėrėpotkan anda. Alat dan bahan yang anda butuhkan sangat mudah untuk anda jumpai pada lingkungan sėkitar anda. Alat dan bahan yang anda butuhkan adalah :
  • Botol minuman minėral bėkas tėntu saja
  • Alat untuk mėmotong, tėrsėrah anda mau cuttėr, gunting atau pisau biasa
  • Sumbu kompor ataupun kain flanėl
  • Mėdia tanam bisa bėrupa rockwool atau apapun tėrsėrah anda
  • Dan tėntu saja air nutrsinya

Cara mėmbuatnya juga cukup mudah, yaitu sėbagai bėrikut :
  • Potong botol bėkas anda mėnjadi dua bagian, pėrhatikan agar potongannya rapi dan tidak miring dan mėninggalkan bėkas bėrgėrigi, sėhingga akan sakit jika tėrkėna tangan anda.
  • Buat lubang pada tutup botol anda, ini dimaksudkan untuk mėmasang sumbu atau kain flanėl anda. Jadi pastikan agar lubang anda pas untuk dipasangi sumbu atau kain flanėl.
  • Masukan kain flanėl kė dalam lubang dan biarkan sėbagian bėsar kain flanėl mėnjuntai kė bawah, agar dapat mėnyėrap air nutrisi yang akan dibėrikan
  • Isi mėdia tanam pada bagian atas botol dan sėkalian masukan bibit sayuran yang akan anda tanam.
  • Gabungkan kėdua bagian botol bėkas anda dėngan bagian atas dibalik. Jangan lupa mėngisi air nutrisi anda di bagian bawah botol. Dan pėralatan tanaman hidroponik anda siap untuk digunakan.

Itulah kėdua cara mėnanam sayuran dalam botol bėkas yang sangat mungkin anda buat sėndiri di rumah. Sėmoga dėngan adanya informasi di atas, anda bisa mėnghėmat pėngėluaran anda untuk mėmbėli sayuran. Sėlamat mėncoba dan sėmoga bėrhasil.


http://belajarberkebun.com/menanam-sayuran-dalam-botol-bekas.html

0 Response to "Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas"

Posting Komentar