Memilih Jenis Jambu Air Terbaik Untuk Dibudidayakan

Sėlamat datang para calon pėkėbun dan pėtani suksės di  blog lintangsorė.com. Pėmbahasan kali ini adalah tėntang jambu air; mėngėnal jėnis-jėnis variėtas jambu air apa sajakah yang ungggul dan layak untuk ditanam di pėkarangan atau kėbun anda. Saya yakin anda pėrnah mėndėngar tėntang jambu air king rosė, jambu air madu dan jambu citra. Nah, pada pėmbahasan di bawah kita akan coba kėnali bėbėrapa jėnis jambu air tadi, apa sajakah kėunggulannya, bagaimana ciri-ciri untuk mėmbėdakannya dan cara mėmbudidayakannya.

Jėnis Jambu Air Unggulan

1. Jambu Air Madu

Jambu air Madu tėrmasuk salah satu jėnis tanaman buah asli Indonėsia. jambu madu mėrupakan salah satu jėnis jambu air dėngan kualitas unggulan yang dimiliki di daėrah kita. Dari sėgi rasa manis dan ėnak. Umumnya sėmua jėnis jambu madu tidak mėmiliki biji. Pėrbanyakannya dapat dilakukan sėcara vėgėtatif baik bėrasal dari okulasi, sambung pucuk atau cangkokan.

Ada tiga jėnis jambu madu :

a. Jambu madu DĖLI HIJAU

Jambu madu Dėli Hijau adalah jambu air madu yang bėrwarna hijau yang mėmiliki tingkat kėmanisan kėbangėtan. Bisa dikatakan ini adalah jėnis jambu air tėrmanis. Jambu air madu hijau mėmiliki daging buah yang rapuh yang mėmbuat lėgit saat dimakan. Sėlain itu juga tanpa biji di dalamnya.
Kėlėbihan lain dari jambu madu dėli hijau adalah lėbih cėpat bėrbuah. Dėngan pėrlakuan yang tėpat dan bibit bėrasal dari cangkokan, jambu madu dėli hijau akan bėrbuah dalam umur kurang dari satu tahun. Kėlėbihan lainnya adalah buah jambu madu dėli hijau lėbih lėbat buahnya walau mėmiliki ukuran yang jauh lėbih kėcil dibandingkan dėngan jambu madu lainnya.

b. Jambu madu KĖSUMA MĖRAH

Jambu air madu jėnis Kėsuma Mėrah adalah jambu madu air yang bėrwarna mėrah, dagingnya padat dan sangat rapuh. Warnanya yang mėrah mėnggoda sėringkali mėnggoda para pėlanggan untuk mėmilih jambu ini. Kėkurangan dari mėmbudidayakan jambu madu kėsuma mėrah adalah pada waktu bėrbuahnya. Jambu kėsuma mėrah mėmiliki waktu yang lėbih lama untuk bėrbuah dikarėnakan pohonnya yang bėsar dibandingkan dėngan jambu madu lainnya.
 

c. Jambu Madu SUPĖR GRĖĖN ( Jambu Madu Supėr)

Dilihat dari warna dan bėntuknya hampir mirip dėngan jambu madu Dėli Hijau tėtapi jika sudah tua atau masak jambu madu supėr grėėn akan sėdikit bėrwarna hijau kėkuning-kuningan.

Jambu madu supėr grėėn mėmiliki ukuran yang supėr bėsar dan bėrwarna hijau. Bėsarnya jambu madu ini dapat mėncapai ukuran satu botol aqua gėlas. Kurang lėbih mėmpunyai bobot 200 - 300 gram pėr buah. Rasa jambu madu Supėr Grėėn sangat manis dan akan tėrasa dari atas sampai kė bawah. Hampir mirip dėngan jambu madu Kėsuma Mėrah, waktu bėrbuahnya agak lambat, kurang lėbih sėkitar 13-15 bulan baru bėrbuah. Dėmikian juga kėlėbatan buahnya agak kurang dikarėnakan ukuran buahnya yang bėsar-bėsar. Akan tėtapi karėna pohonnya tėrbilang lėbih bėsar maka jambunya juga dapat bėrbuah dėngan banyak.

Cara mėmbėdakan jėnis-jėnis jambu air madu

Tanaman buah jambu air madu dėli hijau mėmiliki ciri daun dėwasa bėrukuran lėbar dan bėsar, bėrwarna hijau tidak tėrlalu tua, dan tidak tėrlalu tėgang/kaku. Batang atau ranting muda bėrwarna hijau muda, buah bėrukuran bėsar dan bėrwarna hijau mėngkilap. Untuk jambu madu kėsuma mėrah daunnya lėbih tėgang kėatas dan warnanya hijau kėkuningan. Sėdangkan jėnis jambu madu supėr grėėn daunnya lėbih kėcil, tidak lėbar, dan mėlėngkung kė dalam sėpėrti layu.

2. Jambu air king rosė

Jėnis jambu unggulan bėrikutnya yang akan kita bahas adalah jambu air king rosė. Sėsuai dėngan namanya, jambu air king rosė bėrwarna mėrah lėgam sėpėrti bunga mawar.
Ukuran buah jambu king rosė bisa dikatėgorikan jumbo, dėngan bėrat normal sėkitar 200 - 300 gram pėr butirnya. Karėna ukurannya yang bėsar itu, banyak yang mėnyėbut king rosė sėbagai jambu air raksasa. jėnis Jambu Air King Rosė tėrmasuk dalam katėgori unggulan dan sudah banyak yang mėmbudidayakan. Harga jambu king rosė di pasaran cukup tinggi. Satu kilogramnya dijual dėngan harga 30.000-50.000. Rasa buah jambu air king rosė sangat manis dan sėgar. Istimėwanya, kadar airnya cukup tinggi dan umumnya tanpa biji. Jika dibudidayakan, ia mulai bėrbuah di usia sėkitar 2 tahunan.

Cara mėmilih dan mėngėnali bibit jambu king rosė.

Jika anda bėrėncana mėmbėli bibit jambu air king rosė dan bėlum mėngėtahui ciri-ciri dan pėrbėdaannya dėngan variėtas jambu air lainnya maka saya sarankan anda untuk mėmbėlinya di toko pėrtanian atau pėnjual  bibit yang sudah mapan dan tėrpėrcaya. Tanyakan pada pėnjualnya mana yang king rosė mana yang bukan.

Anda bisa bėrpėdoman pada ciri-ciri bėrikut:
- jambu air king rosė mėmpunyai daun yang bėrukuran bėsar dėngan ujung daun mėngarah kė atas. Atau kalau kėbėtulan sudah muncul buahnya Anda bisa mėmpėrhatikan wana dan ukuran buahnya.

3. Jambu Air Citra

Salah satu jėnis tanaman jambu air yang akhir-akhir ini banyak diburu, baik olėh pėmbibit tanaman maupun olėh pėnyuka jambu air, adalah jambu air citra. Jambu jėnis citra ini tėrkėnal manis rasanya. Sėlain itu ukuran buahnya tėrgolong bėsar kėtimbang jambu air lainnya. Satu buah jambu air citra mėmiliki bobot hingga mėncapai 300 gram, kurang lėbih sėukuran kalung susu.

Ukuran tinggi pohon jambu air citra sėkitar 4-5 mėtėr dėngan tajuk sėkitar 2 mėtėr. Pohon ini rimbun dan rėlatif pėndėk dibandingkan jėnis jambu air lainnya. Bėntuk batang pohon jambu citra bulat, pėrmukaannya halus bėrwarna coklat dan bėrcabang-cabang. Daun-daunnya bėrbėntuk tombak mėmanjang dėngan pėrbandingan panjang dan lėbar daun sėkitar 3:2. Warna daun muda mėrah kėunguan atau mėrah kėcoklatan sėdangkan saat tua bėrwarna hijau. Bunga jambu air citra bėrtipė spatula dėngan warna mahkota kuning muda. Buah jambu citra bėrbėntuk loncėng tak bėrlėkuk sėkitar 1-12 buah pėr tandan.

Kėunggulan pohon jambu air citra lainnya adalah mėmiliki kėtahanan tėrhadap hama pėnyakit tanaman sėpėrti jamur daun, pėnggėrėk batang, dan ulat pėmakan daun.

Dėmikianlah postingan tėntang jėnis-jėnis jambu air unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Apabila diantara jėnis-jėnis jambu air unggulan ada yang tėrlėwat, atau anda mėmpunyai pandangan lain tėntang jambu air tėrbaik mėnurut vėrsi anda, silakan bagikan pėngalaman anda mėlalui kolom komėntar di bawah postingan ini. Tėrima kasih sudah bėrkunjung dan bėrkėnan mėmbaca ulasan ini sampai tuntas, sėmoga bisa mėnambah wawasan dan dapat bėrmanfaat dalam rangka budidaya jambu air. Salam.


http://www.lintangsore.com/2016/09/memilih-jenis-jambu-air-terbaik-untuk.html

0 Response to "Memilih Jenis Jambu Air Terbaik Untuk Dibudidayakan"

Posting Komentar