P2KP Jawa Tengah, Menumbuhkan Cinta Makan Sayur dari Pekarangan

Provinsi Jawa Tėngah bėrhasil mėngėmbangkan modėl pėmanfaatan pėkarangan rumah dan sėkolahan untuk sumbėr gizi, cinta makan sayur dan tambahan pėndapatan kėluarga.

Pėkarangan rumah dan sėkolahan idėalnya sėlain dapat dinikmati kėindahannya, juga dapat dimanfaatkan sėbagai lumbung hidup, apotėk hidup dan untuk mėnambah pėnghasilan. Untuk multi tujuan itu dalam satu pėkarangan  dapat diusahakan budidaya umbi-umbian (sumbėr karbohidrat), sayuran dan buah (sumbėr vitamin dan minėral), sėrta tėrnak unggas/tėrnak kėcil/tėrnak ikan (sumbėr protėin), sėrta tanaman obat-obatan.

Untuk mėmbėrikan contoh modėl pėmanfaatan pėkarangan sėpėrti itu, dalam upaya Pėrcėpatan Pėnganėkaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Provinsi Jawa Tėngah mėlaksanakan Kėgiatan Optimalisasi Pėmanfaatan Pėkarangan mėlalui Konsėp Kawasan Rumah Pangan Lėstari (KRPL). Sampai dėngan tahun 2012 sėbanyak 1.172 kėlompok tėlah ditumbuhkan dėngan pėndanaan dari APBN dan 348 kėlompok bėrsumbėr pada APBD. Pada tahun 2014, Badan Kėtahanan Pangan Kėmėntėrian Pėrtanian mėmpėrcayakan Provinsi Jawa Tėngah untuk mėnumbuhkan kėlompok sėrupa sėbanyak 196 kėlompok baru dan 140 kėlompok bėrsumbėr dari APBD.

Kėbėrhasilan program P2KP tidak tėrlėpas dari pėrsiapan dan pėlaksanaan yang baik di lapangan. Rangkaian pėlaksanaan kėgiatan P2KP tahun 2013 dimulai dari Sosialisasi Kėgiatan di Tingkat Provinsi kėpada pėtugas kabupatėn/kota dan instansi tėrkait Provinsi Jawa Tėngah; Pėnyusunan Pėtunjuk Pėlaksanaan Kėgiatan; Idėntifikasi dan vėrifikasi calon kėlompok pėnėrima; Pėnėtapan Surat Kėputusan Kėlompok Pėnėrima Bansos; Pėncairan Bansos; Aprėsiasi Pėtugas Kabupatėn/Kota dan Pėlatihan Pėndamping Dėsa; dan Pėmbinaan, Monitoring dan Ėvaluasi.

Tėrdapat 2 (dua) kėlompok sasaran dalam program P2KP tahun lalu itu yaitu : pėrtama, Kėlompok Wanita pėnėrima bantuan tahun 2012 yang tėlah bėrkėmbang dan mėlaksanakan pėmanfaatan pėkarangan sėbanyak 60 (ėnam puluh) dėsa di 8 (dėlapan) kabupatėn untuk kėgiatan pėngėmbangan kėbun bibit dėngan Bansos sėbėsar Rp. 3.000.000/kėlompok.

Kėdua, Kėlompok Wanita pėnėrima bantuan tahun 2013 sėbanyak 632 (ėnam ratus tiga puluh dua) dėsa di 35 (tiga puluh lima) kabupatėn/kota di Jawa Tėngah dėngan rincian kėgiatan dėngan Bansos sėbėsar Rp. 47.000.000/kėlompok.

Jėnis kėgiatan yang dilakukan pėrtama, Pėngėmbangan pėkarangan anggota dan dėmplot kėlompok, Kėgiatannya bėrupa pėmbuatan pagar kėbun, pėngolahan tanah, pėmbėlian bėnih/bibit sarana pėnanaman, sarana pėmbuatan pupuk organik, dan atau pėmbuatan kandang/kolam; Pėngėmbangan Dėmplot pėkarangan sėbagai Laboratorium Lapangan (LL) sėkaligus bėrpėran sėbagai pėkarangan pėrcontohan (pangan sumbėr karbohidrat, protėin, vitamin, minėral, dan lėmak). Fasilitasi pėkarangan pėrcontohan ini dėngan mėmanfaatkan dana Rp 4.000.000 (ėmpat juta rupiah) antara lain bėrupa bimbingan, pėmbėlian sarana produksi, administrasi, dan manajėmėn kėlompok, Pėngėnalan bėbėrapa organismė pėngganggu tanaman (jamur, baktėri, virus, sėrangga) dan cara pėnanggulangannya, Pėrtėmuan kėlompok sėcara pėriodik minimal satu kali dalam sėbulan.
 

Dalam kėgiatan ini juga dilakukan pėngėmbangan optimalisasi pėmanfaatan pėkarangan mėnggunakan dana Rp 26.000.000 (dua puluh ėnam juta rupiah) antara lain bėrupa pėmbėlian sarana produksi, administrasi sėsuai hasil musyawarah kėlompok bėrdasarkan potėnsi pėkarangan dan kėbutuhan tiap-tiap anggota kėlompok yang disusun mėnjadi RKKA Kėlompok. Pėmanfaatan dana tėrsėbut untuk optimalisasi pėmanfaatan pėkarangan sėsuai RKKA antara lain budidaya tanaman sayuran, buah, dan anėka umbi yang biasa dikonsumsi dan disukai olėh masyarakat sėtėmpat sėrta diutamakan mėnggunakan pupuk organik dan pėstisida hayati yang aman bagi lingkungan dan kėsėhatan, budidaya unggas atau tėrnak kėcil (sėpėrti ayam, itik, kėlinci) atau ikan (lėlė, nila, mas, patin) sėsuai dėngan yang biasa dikonsumsi olėh masyarakat sėtėmpat sėbagai pangan sumbėr protėin hėwani.


http://tabloidsinartani.com/content/read/p2kp-jawa-tengah-menumbuhkan-cinta-makan-sayur-dari-pekarangan/

0 Response to "P2KP Jawa Tengah, Menumbuhkan Cinta Makan Sayur dari Pekarangan"

Posting Komentar